Kamis, 17 Februari 2011

materi kelas 7 : alat output device


apa sih speech recognition??

SPEECH RECOGNITION adalah suatu SO dalam komputer yang memiliki kemampuan menerima input berupa suara dan mampu memprosesnya sehingga komputer dapat melakukan perintah kita. penggunaan speech recognition cukup dengan suara saja, kiita dapat melakukan perintah kepada komputer hanya dengan mengatakan satu kata program yang ada di dalam komputer. dengan begitu komputer dengan otomatis akan memprosesnya. untuk ebih mudah menggunakan speech recognition lebih baik menggunakan windows 7.
ALAT DAN BAHAN :
a.komputer kusunya windows 7
b.microphone
c.SO speech rocognition
CARA PENGGUNAAN:
1. KLIK START –> CONTROL PANEL
2.pilih menu ease of acces (klik)
3.klik pada menu speech recognition

4. jika speech recognition belum terinstal di komputer, maka pilih jenis microphone dan ikuti langkah selanjutnya untuk menginstal. tinggal klik next saja.


5. setelah menginstal dan mengatur microphone –> start speech recognition setelah itu akan muncul tanda speech recognition seperti gambar di atas.Setelah muncul tulisan listening pada speech recognition katakan satu menu Yang ada dalam komputer melalui microphone. Maka dengan otomatis speech recognition akan melakukan perintah tersebut selama pengucapan yang dilakukan sesuai dengan pronouns dalam bahasa inggris. CONTOH HASIL UJI
1.setelah mengucapkan kata “start menu” maka dengan otomatis akan muncul start menu.

2.saat kita membuka suatu aplikasi dan kita mengatakan “close” maka dengan sendirinya aplikasi itu akan tertutup.

3.selain untuk membuka suatu program alam komputer, speech rocognition juga dapat digunakan untuk menulis dalam word atau notepad selama pengucapan yang diucapkan benar dan sesuai dalam bahasa inggris. Jika speech recognition ini tidak digunakan maka dengan sendirinya akan off (sleeping). Sedangkan jika kita mengucapkan kata “stop listening” maka dengan otmatis speech recognition akan off.
oke deeeh selamat mencoba menggunakan SO speech recognition, semoga tulisan ini dapat membantu teman” :)

TUGAS PTI

October 1st, 2010 by asri in Uncategorized · No Comments

OUTPUT DEVICE
Output device atau sering di kenal dengan unit keluaran adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara. . Macam-macam jenis output dari pengolahan data terdiri dari 4 macam yaitu : tulisan, suara, image, dan bentuk yang dapat di baca oleh mesin. berdasarkan jenis output tersebut hanya 3 yang dapat digunakan langsung oleh manusia, yaitu tulisan, suara dan image.Peralatan output dapat berupa :
*Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film. Sifatnya permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer, plotter, dan alat microfilm.
* Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. Misalnya video display, flat panel, dan speaker.
*Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input menggunakan media magnetic disk misalnya adalah disk drive, dan yang menggunakan media magnetic tape adalah tape drive
-MONITOR

adapun jenis-jenis monitor yaitu :
1.CGA (color graphic adaptor)
tipe ini merupakan tipe standar dengan kualitas resolusi yang rendah. sehingga tipe monitor ini hanya dapat menampilkan 4 warna saja dalam metode grafis.
2.EGA (Enhanced Graphic Adapter)
Monitor ini tingkatnya diatas dari jenis CGA dan memiliki kualitas resolusi lebih baik, sehingga mampu menampilkan 16 jenis warna dalam bentuk grafis.
3. EPGA (Enchanced Professional Graphic Adapter)
Monitor ini memiliki kualitas jauh lebih baik. dan dapat menampilkan 256 warna dalam mode grafis. monitor ini juga sering dikenal dengan sebutan PGA atau PEGA.
4. VGA (Visual Graphic Adapter)
Monitor VGA merupakan monitor yang sering di gunakan saat ini. memiliki kualitas resolusi tinggi dan mampu menampilkan hingga jutaan warna. sehingga dapat menampilkan mode grafis yang lebih nyata.
5.LCD (Liquid Crystal Display)
Monitor LCD dikenal sebagai monitor flat atau layar datar yang memiliki resolusi rendah, tetapi mampu menampilkan warna hingga jutaan seperti monitor VGA.LCD menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar dan diapit oleh dua elektode yang transparan.
-PRINTER

Printr merupakan output device yang berguna untuk mencetak hasil olahan data ataupun image kedalam media kertas. Berdasarkan mekanik dan cara kerjanya printer di bagi menjadi :
a. Impact
Printer yang cara kerjanya menggunakan kertas dan cara mencetaknya menggunakan jarum yang menghasilkan titik kotak (dot matrix)
b. Non impact
Printer yang bekerja secara mekanik seperti dengan penyemprotan elektronik pada media cetaknya.
Berdasarkan pekembangan teknologinya:
*Pin Dot matrix
*Ink jet
*Laser
*Thermal
Pin dot matrix diklasifikasikan berdasarkan jumlah pin yang dimiliki oleh head printer, yaitu 9, 18 dan 24. Transmisi yang digunakan, yaitu transmisi paralel (byte-by-byte) dan transmisi serial (bit-by-bit transmission). Metode pencetakan terdiri dari huruf per huruf (characeter by character), baris per baris (line by line), atau halaman per halaman (page by page). Secara umum printer yang umum digunakan terdiri dari tiga jenis, yaitu :
*Dot matrix, contohnya Epson LX-300, LX-800, LQ-1170
*Inkjet, contohnya Hp Deskjet, Cannon Buble jet
*Laser jet, contohnya HP Laser jet 1000, 1010, 1020
-PLOTTER

Ploter juga merupakan output device sejenis dengan printer, namun ukurannya sangat besar. biasanya plotter digunakan untuk mencetak gambar dengan ukuran besar.
-SPEAKER

Speaker merupakan unit keluaran (output device) untuk menyajikan data dalam bentuk audio atau suara. jika anda ingin mendengarkan musik dengan komputer maka alat yang dibutuhkan yaitu speaker.
Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran (output device). demikian pengertian dan macam-macam dari output device, semoga bermanfaat. ;) ;)

Arti Seorang Mahasiswa


siapa sih yang tidak kepingin menjadi seorang mahasiswa?? saya rasa setiap orang ingin menjadi seorang mahasiswa. Namun menjadi seorang mahasiswa tidak semudah yang teman-teman sebelumnya pikirkan. untuk menjadi seorang mahasiswa butuh totalitas dan perjuangan unutk mempertahankan nama baik seorang mahasiswa. tidak hanya sekedar menyandang nama sebagai mahasiswa, namun kita harus membuktikan kepada orang banyak bahwa seorang mahasiswa mampu untuk menjadi panutan orang-orang yang ada di sekelilngnya. seperti yang kita semua tahu, setiap orang yang bergelar mahasiswa di manapun mereka berada secara otomatis mereka akan di anggap sebagai orang yang berpendidikan, lebih cerdas dan mampu membimbing setiap orang di sekelilingnya. namun kenyataanya, apakah asumsi masyarakat mengenai seorang mahasiswa selama ini sesuai dengan keadaan mahasiswa khususnya di indonesia ini?? memang ada banyak mahasiswa indonesia yang telah menorehkan nama bangsa indonesia di tingkat internasional dan telah mengobarkan semangat juang bangsa indonesia ini. namun tidak kah kalian semua tahu, tidak sedikit pula mahasiswa di indonesia yang kelak hanya menjadi sampah masyarakat dan beban bagi bangsa ini. mereka hanya bangga dengan gelar yang mereka dapat, tetapi mereka tidak pernah berpikir bagaimana untuk memanfaatkan ilmu yang telah mereka dapat dan menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat. sekarang kita lihat saja, berapa ribu lulusan mahasiswa yang bergelar sarjana namun hanya menjadi seorang pengangguran!! mereka hanya menjadi pecundang yang menghambat perkembangan bangsa ini. orang-orang seperti ini sudah tidak sepantasnya disebut sebagai mahasiswa indonesia, mahasiswa yang hanya menjadi benalu di negaranya sendiri. mahasiswa yang hanya akan menjadi beban dan menjadi bahan tertawaan bangsa lain terhadap bangsa kita. Hei seluruh mahasiswa Indonesia!!! apakah kalian tidak malu jika indonesia menjadi negara miskin, apakah kalian tidak marah budaya-budaya kita dirampas begitu saja oleh bangsa lain!! apa yang telah kalian lakukan untuk bangsa ini?? bangsa yang telah melahirkan dan membesarkan kalian. Apa kalian rela bangsa yang telah susah payah dibangun oleh pahlawan kita bahkan dengan taruhan nyawa hancur begitu saja hanya karena ketidak pedulian kalian terhadap bangsa ini?!!! jika kaliann sadar negara-negara lain di luar sana saat ini sedang menertawakan kita, mereka sedang mengolok-olok bangsa kita. jika kalian para mahasiswa indonesia tetap seperti ini, dapat dipastikan hanya dengan menunggu waktu bangsa ini akan kembali di jajah dan di kuasai oleh bangsa lain. wahai mahasiswa indonesia, sadarlah akan betapa pentingnya peran kalian untuk membangun bangsa ini. marilah kita kobarkan semangat juang para mahasiswa indonesia. HIDUP MAHASISWA INDONESIA!!!!!!!

Manfaat Teknologi Informasi

sejak dulu manusia hidup selalu berdampingan dengan informasi. namun seiring dengan berkembangnya zaman teknologi dalam informasi pun terus berkembang menyesuaikan keadan saat ini. seperti halnya teknologi informasi dalam bidang pendidikan, dan kehidupan sehari-hari. dulu, siswa hanya mendapatkan materi pelajaran lewat guru yang mengajarnya atau pun munkin dengan buku-buku yang ia dapat dari sekolah. namun seiring dengan berkembangnya teknologi, maka sekarang siswa dapat memperoleh pengetahuan yang tidak terbatas melalui media internet. beberapa tahun terakhir internet sudah tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat luas. lewat internet para siswa dapat mencari materi pelajaran yang belum mereka dapatkan di sekolah dari berbagai sumber. bahkan melalui internet pula mereka bisa terhubung dengan dunia luar.
selain dalam hal pendidikan teknologi juga sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari. seumpamanya saja dalam komunikasi, saat ini kebanyakan orang telah menggunakan Hand Phone sebagai alat untuk berkomunkasi. HP memudahkan kita untuk berinteraksi dengan kerabat ataupun teman yang berada jauh dari kita. melalui fitur yang tersedia, kita bisa berkomunikasi dengan telefon ataun pesan singkat (SMS). apakah kalian semua tau, alat komunikasi sebelum Hp adalah telepon kabel. yang dengan berkembangnya teknologi maka para ilmuwan menciptakan Hand Phone untuk memudahkan para penggunanya dan lebih praktis untuk dibawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar