Kamis, 17 Februari 2011

materi kelas 7 : jenis- jenis software

jenis jenis software


Software adalah kumpulan dari program-program dan data-data yang saling terelasi yang memerintahkan apa yang harus dilakukan komputer. Software mengandung fungsi-fungsi, baik yang menginstruksikan hardware atau yang mengolah dan menyediakan fasilitas untuk software lainnya. Berikut adalah beberapa  secara umum dan penjelasannya.
1. System Software
System software menyediakan fungsi-fungsi dasar untuk kebutuhan komputer, yang bisa dibagi menjadi sistem operasi atau sistem pendukung. Sistem operasi adalah sebuah software yang paling mendasar, yang membantu menjalankan hardware komputer dan sistem pendukung.
System software bertanggung jawab mengatur berbagai hardware agar dapat bekerja secara bersama-sama. Sehingga para pengguna dan software yang lain tidak perlu memikirkan bagaimana hardware bekerja.
Tugas utama lain dari system software adalah menjembatani antara software-software yang lain dengan hardware. System software menerjemahkan intruksi-instruksi dari software lain ke dalam bahasa mesin sehingga dapat diterima oleh hardware.
Termasuk juga aksesoris pendukung seperti web cam, flashdisk, printer, dan lain-lain supaya bisa berjalan dengan stabil. System software adalah software yang berada pada level paling bawah di mana bahasa yang digunakan ada assembler (bahasa mesin). Contoh dari system software adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS X.
2. Programming Software (Software Pemrograman)
Software pemrograman biasanya dipakai untuk memudahkan para pembuat program (programmer) untuk menulis program yang kemudian dibentuk menjadi sebuah obyek yang bisa diakses oleh system software dalam bentuk aplikasi.
Software pemrograman berbentuk lebih ke instruksi langsung terhadap system software. Berbagai macam software pemrograman digunakan dan bermacam pula varian dari algoritma masing-masing software pemrograman.
Dalam hal ini software pemrograman adalah software yang berada pada level tengah. Contohnya seperti Visual Studio, Gambas, Delphi, C++ dll.
3. Application Software (Software Aplikasi)
System software tidak mengarah langsung ke sebuah kebutuhan. Atau lebih jelasnya, software aplikasi menawarkan berbagai fungsi-fungsi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pengguna dan dimana aplikasi tersebut dibutuhkan.
Software aplikasi dibangun untuk sebuah tujuan atau keperluan yang bisa berupa program khusus atau berbagai kumpulan dari program-program.
Software aplikasi menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk menginstruksikan tugas-tugas dalam bentuk yang lebih sederhana, artinya bukan dalam bentuk pemrograman.
Jadi bisa dikatakan bahwa software aplikasi adalah lapisan antarmuka terakhir antara komputer dan pengguna maka software aplikasi berada pada tingkatan teratas dari tipe-tipe software.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar