Jumat, 18 Februari 2011

materi kelas 7 : media masa kini

Pe­mi­kir­an Ko­ko la­hir da­ri ra­him dan kha­za­nah In­do­ne­sia. Pe­mi­kir­an dan pe­re­nung­an­nya la­hir da­ri ke­ada­an ne­ge­ri­nya dan ke­mu­di­an pa­da ke­ada­an du­nia. Ber­ba­gai bi­dang tak le­wat da­ri sen­tu­han dan per­ha­ti­an­nya, aga­ma, so­si­al, eko­no­mi, bu­da­ya, se­ja­rah dan il­mu pe­nge­ta­hu­an lain­nya.

In­te­lek­tua­li­tas­nya la­hir bu­kan da­ri ra­him pen­di­dik­an for­mal. Ia mem­buk­ti­kan bah­was­an­nya pen­di­dik­an ti­dak se­la­lu di­ba­ta­si de­ngan se­kat-se­kat dan tem­bok-tem­bok be­sar yang ang­kuh dan ter­pi­sah da­ri ma­sya­ra­kat. Da­lam kum­pul­an tu­lis­an yang di­ter­bit­kan LP3ES yang ber­ju­dul Eti­ka Pem­be­bas­an ia me­nga­ta­kan bah­wa ki­ta ha­rus me­run­tuh­kan tem­bok yang me­mi­sah­kan se­ko­lah da­ri ma­sya­ra­kat, peng­ajar­an ha­rus men­ja­di ba­gi­an da­ri par­ti­si­pa­si da­lam ke­hi­dup­an dan per­kem­bang­an ma­sya­ra­kat. Pe­san ini ma­sih re­le­van de­ngan ke­ada­an pen­di­dik­an di ta­nah air ki­ta ki­ni.

Kri­tik Soed­jat­mo­ko ini ma­sih re­le­van de­ngan pen­di­dik­an ne­ge­ri ini yang ma­sih ka­rut ma­rut. Oleh ka­re­na itu, be­la­jar da­ri Soed­jat­mo­ko ada­lah be­la­jar ten­tang In­do­ne­sia pa­da ma­sa la­lu, ma­sa se­ka­rang, dan ma­sa men­da­tang. Pe­mi­kir­an Soed­jat­mo­ko ti­dak le­pas da­ri la­tar be­la­kang so­si­al­nya.

Se­lain men­ja­di ang­go­ta Par­tai So­sia­lis In­do­ne­sia, ia sem­pat ter­li­bat da­lam ke­gi­at­an in­ter­na­sio­nal se­per­ti men­ja­di de­le­ga­si PBB, ser­ta men­da­pat­kan ge­lar doc­tor ho­no­ris cau­sa bi­dang hu­kum da­ri Ce­dar Crest Col­le­ge Penn­syl­va­nia, dan pa­da 1970 dok­tor un­tuk bi­dang hu­ma­nio­ra da­ri Uni­ver­si­tas Ya­le, Con­nec­ti­cut, AS.

Rek­tor Uni­ver­si­tas PBB(1980-1987) ini ter­ke­nal de­ngan per­ha­ti­an­nya pa­da ma­sa­lah-ma­sa­lah ke­ma­nu­sia­an. Se­hing­ga pa­da ta­hun 1978, ia men­da­pat ha­di­ah (Rp 8 ju­ta) da­ri Ya­yas­an Ra­mon Mag­say­say. Pen­da­pat-pen­da­pat­nya di­ni­lai se­ba­gai sum­bang­an ber­har­ga ke­pa­da pe­mi­kir­an in­ter­na­sio­nal un­tuk me­nang­gu­langi sa­lah sa­tu tan­tang­an be­sar ma­sa ki­ni, yak­ni ba­gai­ma­na me­ning­kat­kan mar­ta­bat hi­dup se­ki­tar 40 per­sen rak­yat Asia Teng­ga­ra dan Se­la­tan, yang me­ru­pa­kan la­pis­an pa­ling mis­kin.

Pe­mi­kir­an Ko­ko di bi­dang eko­no­mi dan pem­ba­ngun­an pa­da wak­tu itu pa­tut di­ja­di­kan re­nung­an un­tuk me­li­hat In­do­ne­sia sa­at ini. Ia me­nga­ta­kan bah­wa pa­da ha­ki­kat­nya ci­ri po­kok usa­ha pem­ba­ngun­an bu­kan pro­yek-pro­yek ban­tu­an lu­ar ne­ge­ri, dan bu­kan in­ves­ta­si mo­dal asing.

Ha­ki­kat pem­ba­ngun­an ia­lah ge­rak ma­ju­nya sua­tu sis­tem so­si­al meng­ha­dapi tan­tang­an-tan­tang­an ba­ru. Dan hal itu ha­nya mung­kin ji­ka­lau ada per­ubah­an-per­ubah­an dan per­kem­bang­an-per­kem­bang­an di da­lam ma­sya­ra­kat itu sen­di­ri.

Ma­ka ki­ta ti­dak per­lu he­ran ji­ka pe­me­rin­tah­an ki­ta sa­at ini pron­eo­li­be­ra­lis­me dan pa­sar. Se­bab da­ri si­si atur­an un­dang-un­dang su­dah ber­pi­hak pa­da in­ves­tor-nves­tor. Se­per­ti pa­da UU Pe­na­nam­an Mo­dal ta­hun 2007, UU Mi­ner­ba, UU Ke­te­na­ga­lis­trik­an, UU Ba­dan Hu­kum Pen­di­dik­an dan lain-lain.

Le­bih lan­jut Ko­ko ber­pe­san bah­wa yang ki­ta per­lu­kan ia­lah sua­tu po­la pem­ba­ngun­an yang em­plo­y­ment orien­ted, yang meng­uta­ma­kan ke­adil­an so­si­al dan mem­per­ku­at ke­sang­gup­an un­tuk ber­di­ri di atas ka­ki sen­dir.

Ber­di­ri di atas ka­ki sen­di­ri ti­dak mung­kin di­la­ku­kan ji­ka ki­ta ma­sih meng­gan­tung­kan di­ri ke­pa­da ne­ga­ra lain mau­pun in­ves­tor asing te­rus-me­ne­rus. Ji­ka de­mi­ki­an hal­nya, ma­ka eko­no­mi na­sio­nal ki­ta su­dah ber­ge­ser da­ri ni­lai-ni­lai eko­no­mi ke­rak­yat­an me­nu­ju eko­no­mi ka­pi­ta­lis.

Me­re­nungi dan meng­il­hami kem­ba­li pe­san-pe­san Soed­jat­mo­ko akan mem­bu­at ki­ta ber­pi­kir ulang, bah­wa ki­ta per­lu me­na­ta kem­ba­li ke­ada­an ne­ge­ri ini di se­mua bi­dang. Di bi­dang pen­di­dik­an, di bi­dang eko­no­mi dan pem­ba­ngun­an, po­li­tik dan lain se­ba­gai­nya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar