Jumat, 18 Februari 2011

materi kelas 7: menjalankan satu atau lebih program aplikasi


Tak habis-habisnya aplikasi monitor lalu-lintas terbit, seiring dengan tak habis-habisnya kemacetan kota Jakarta terjadi setiap hari. Kali ini pengembang 4id membuat  sebuah aplikasi khusus untuk platform BlackBerry. Masih bersifat beta, aplikasi ini mendukung O versi 4.5 ke atas, kecuali untuk tipe 95xx yang masih di-update. Sementara ini daerah yang di-cover baru di seputaran Jakarta. Menurut Marcello Gunadirdja sebagai bagian tim pengembangnya, MacetTer.us merupakan pengembangan aplikasi iMud yang sebelumnya digunakan sebagai aplikasi info mudik dengan area coverage Jaw
Apa kelebihan MacetTer.us ketimbang aplikasi monitor lalu-lintas yang lain? Kurang lebih sama saja sih dan layanan tampilan CCTV kondisi lalu lintas (ketika tersedia) juga mengambil data yang sudah dimiliki oleh LewatMana dan Jasa Marga. Fitur lain adalah menampilkan kondisi jalan berdasarkan data-data yang telah dibagi oleh penggunanya dengan bentuk grafik batang. Tentu saja semakin banyak pengguna yang melaporkan kondisi jalan akan menambah akurat statisik data kondisi jalanan. Untuk versi beta ini tersedia lebih dari 80 jalan dan akan terus ditambah. Pengguna juga dapat memasukkan data jalan (baru) jika belum terdaftar.
Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, fitur GPS mutlak dibutuhkan. Kendala aplikasi ini, menurut Marcello, ketika berada di area dengan kualitas sinyal buruk akan dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk menentukan lokasi tempat kita berada. Terpaksa harus menjalankan ulang aplikasi ini jika terjadi saat kita sedang menggunakannya. Menurut Marcello, di versi berikutnya akan ditambahkan beberapa fitur baru meskipun dia tidak menjelaskan bakal ada hal apalagi yang bisa diimplementasi di sini.
Ada dua kompetitor MacetTer.us di genre ini, LewatMana dan dan Infoll. LewatMana saat ini fokus hanya melalui web dan Twitter, serta memberikan informasi tambahan seperti lokasi bengkel, SPBU, rumah sakit, dan lain-lain. Baru-baru LewatMana mendapatkan penghargaan Netexplorateur Award of The Year 2011 di Paris, Perancis. Sementara Infoll selain besar lewat Twitter sedang mengarahkan penggunanya untuk menggunakan situs berbasis mobile yang bisa diakses dari ponsel manapun yang memiliki browser dan terhubung dengan koneksi Internet, dengan tampilan lebih rapi, terstruktur, dan lebih menarik.
Berdasarkan fitur yang ada di versi sekarang, untuk saran pengembangan, dari bagian awal mulai dipikirkan untuk mengimplementasi otentikasi data menggunakan akun Facebook dan/atau Twitter, sehingga pengguna tidak perlu lagi membuat akun baru. Berikutnya tentu saja bagaimana data bisa terisi sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan akurasi dan manfaat aplikasi ini saat digunakan seantero Jakarta. Yang terakhir tentunya harus dipikirkan solusi mengakali permasalahan sinyal GPS. Apakah mungkin di-switch ke triangulasi BTS untuk membantu menemukan lokasi pengguna dengan lebih baik? Tentunya kami tunggu versi pengembangan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar