Sabtu, 19 Februari 2011

materi kelas 7 : application package (package program)

Di Ubuntu, kamu ga usah repot-repot browsing nyari aplikasi yang mau diinstal, cukup dengan membuka Synaptic Package Manager, atau biasa disebut synaptic, maka akan tampil daftar aplikasi dan paket yang siap diinstal. Yang penting kamu terhubung ke internet (tepatnya situs mirror repo) atau memiliki DVD repositori :)
Klik Administration > Synaptic Package Manager untuk membukanya. Kira-kira seperti ini tampilan aplikasinya...


Bagaimana cara menginstal aplikasi dengan menggunakan synaptic? Simpel, kamu tinggal ketik nama aplikasinya atau bisa juga ketik kata kunci yang menurut kamu relevan dengan apa yang kamu cari.
Nah, pada contoh saya ingin menginstal Cheese (aplikasi untuk webcam). Yang perlu saya lakukan (karena saya udah tau nama aplikasinya) adalah mengetik "cheese" (tanpa tanda kutip). Untuk instalasi, kamu cukup klik kanan pada nama aplikasinya dan klik Mark for Installation.

Nah apabila muncul jendela pemberitahuan seperti dibawah ini artinya aplikasi yang kamu mark "bergantung" pada aplikasi lain atau paket lain. Tekan saja Mark.

Tahap selanjutnya adalah menekan tombol Apply.

Tuh, muncul jendela informasi mengenai apa aja yg akan di download dan berapa besarnya. Tekan Apply.

Nah, mulai deh download aplikasinya, tunggu aja sambil ngemil :)

Setelah selesai download, kamu ga perlu ngapa-ngapain, lanjutin ngemilnya aja karena proses instalasi berjalan otomatis alias ga usah tekan "NEXT>" kaya di Windows. Oh iya, sebaiknya mencentang Automativally close blah blah blah supaya jendela instalasi otomatis tertutup apabila instalasi selesai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar